Kebijakan Privasi
PaDi UMKM dan TELKOM menyadari bahwa informasi Pengguna bersifat rahasia dan pribadi, oleh karena itu Kami berkomitmen untuk melindungi dan merahasiakan data Pengguna sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Layanan, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi Kebijakan Privasi ini dan Pengguna memberikan persetujuan kepada PaDi UMKM untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menampilkan, mempergunakan data tersebut untuk tujuan sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi ini.
  1. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi dan Perusahaan
    1. Perolehan dan pengumpulan data pribadi dan data Perusahaan yang dilakukan oleh PaDi UMKM dibatasi pada informasi yang relevan dan sesuai dengan tujuannya, yang meliputi:
      1. Data Pribadi yang diberikan oleh Pengguna, yaitu:
        • Nama lengkap, digunakan sebagai identifikasi pengguna;
        • Nomor Telepon, digunakan untuk menerima notifikasi atas one time password, verifikasi, dan komunikasi;
        • Nomor KTP, digunakan sebagai identifikasi pengguna;
        • Alamat pengiriman, digunakan untuk melakukan pengiriman barang atau pengembalian barang;
        • Alamat email, digunakan untuk menerima notifikasi atas one time password, verifikasi, dan komunikasi;
        • NPWP, digunakan sebagai identifikasi pengguna dan penerbitan faktur pajak;
        • Nomor rekening, digunakan untuk penerusan dana pendapatan penjual dan pengembalian pembeli;
        • Nama Bank, digunakan untuk penerusan dana pendapatan penjual dan pengembalian pembeli.
      2. Data Perusahaan yang diberikan oleh Pengguna, yaitu:
        • NPWP Perusahaan, digunakan sebagai identifikasi pengguna dan penerbitan faktur pajak;
        • Nomor Telepon Kantor, digunakan untuk menerima notifikasi atas one time password, verifikasi, dan komunikasi;
        • Nomor Induk Berusaha, sebagai identitas dan tanda daftar perusahaan;
        • Akta Pendirian Perusahaan, sebagai tanda legalitas perusahaan di mata hukum;
        • Akta Perubahan, sebagai bukti perubahan atas legalitas perusahaan;
        • Surat Keterangan Terdaftar Pajak, sebagai identifikasi bahwa wajib pajak sudah terdaftar pajak;
        • Surat Izin Usaha Perdagangan, sebagai identifikasi bahwa usaha yang terdaftar sudah berizin;
        • Tanda Daftar Perusahaan, sebagai bukti bahwa suatu perusahaan sudah terdaftar;
        • Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi (untuk Jasa kontruksi), digunakan sebagai dasar bahwa perusahaan yang terdaftar di PaDi berizin;
        • Sertifikat badan usaha, sebagai tanda bukti resmi atas usaha yang dilakukan oleh suatu perusahaan;
        • Surat domisili Perusahaan, sebagai tanda bukti atas lokasi perusahaan yang terdaftar;
        • Sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, sebagai bukti bahwa perusahaan dalam penerapan peraturan perundangan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
      3. Data pribadi dan Data Perusahaan yang diberikan oleh Pengguna merupakan Data yang benar. Apabila Pengguna memberikan pernyataan dan jaminan, informasi atau Data Pribadi dan Data Perusahaan yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka PaDi UMKM berhak menolak permohonan pembuatan Akun PaDi UMKM dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau seluruh Layanan PaDi UMKM yang diberikan kepada Pengguna. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas Data yang diberikan dan melepaskan TELKOM dari seluruh konsekuensi yang timbul.

      4. Data yang diperoleh saat Pengguna menggunakan Layanan, yaitu berupa:
        • Informasi transaksi meliputi produk, jumlah, dan tagihan pembayaran;
        • Informasi pengiriman meliputi layanan logistic yang digunakan, alamat pengiriman, dan alamat penjual;
        • Informasi penggunaan layanan pinjaman, data pengajuan pinjaman, nilai pinjaman, status pinjaman, dan produk pinjaman yang diajukan.
      5. Data yang diperoleh dari sumber lain, yaitu data keuangan yang relevan yang didapatkan dari penyedia layanan finansial berdasarkan transaksi yang Anda lakukan dalam mengakses Layanan.
    2. Dalam melakukan penyerahan Data Pribadi, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah pihak yang cakap secara hukum untuk melakukan penyerahan Data Pribadi kepada Kami, dan apabila:
      • Anda merupakan seorang individu yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun dan belum pernah menikah, maka Kami menganggap bahwa penyerahan Data Pribadi Anda telah disetujui oleh orang tua, wali, atau pengampu Anda yang sah untuk mewakili Anda;
      • Anda merupakan pihak yang berbentuk badan atau entitas, maka Kami menganggap bahwa penyerahan Data Pribadi Anda dilakukan oleh perwakilan yang sah untuk menyerahkan Data Pribadi Anda kepada Kami, seperti, antara lain; penerima kuasa atau direktur; dan
      • Anda merupakan seorang individu yang cakap secara hukum namun penyerahan Data Pribadi Anda diwakilkan oleh penerima kuasa, maka Kami menganggap bahwa penyerahan Data Pribadi Anda dilakukan oleh penerima kuasa yang Anda tunjuk secara sah untuk mewakili Anda.
  2. Penyimpanan Data Pribadi dan Data Perusahaan
    1. Data Pribadi dan/atau Data Perusahaan Pengguna yang disimpan dalam PaDi UMKM telah melalui proses verifikasi dan terenkripsi selama Layanan beroperasi.
    2. Kami akan menyimpan Data Pribadi Anda, selama:
      • Diperlukan untuk memenuhin tujuan-tujuan sebagaimana dimaksud dalam Kebijakan Privasi ini;
      • Diperbolehkan atau dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku;
      • Anda tidak melakukan permohonan penghapusan/pemusnahan atas Data Pribadi Anda yang Kami simpan atau Anda tidak mencabut persetujuan Anda untuk Kami menyimpan Data Pribadi Anda; dan/atau
      • Permintaan Anda untuk penghapusan/pemusnahan atas Data Pribadi Anda yang Kami simpan telah Kami tolak atas dasar pertimbangan yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini.
    3. Apabila Layanan PaDi UMKM sudah tidak beroperasi, PaDi UMKM berhak menyimpan dan menggunakan Data Pribadi dan/atau Data Perusahaan Pengguna sampai paling lama 5 (lima) tahun.
    4. PaDi UMKM menggunakan database dengan infrastruktur & server Pihak Ketiga (Third-Party), cloud, atau semacamnya untuk menampung perolehan dan pengumpulan Data Pribadi dan/atau Data Perusahaan, serta menggunakan perangkat lunak yang legal.
  3. Keamanan dan Privasi Data Pengguna dan Data Perusahaan
    1. Keamanan
      • Kami menjaga tindakan teknis dan organisasi, kontrol internal, dan rutinitas keamanan data yang dimaksudkan untuk melindungi Data Pengguna dari kehilangan atau perubahan yang tidak disengaja, pengungkapan atau akses yang tidak sah, atau perusakan yang melanggar hukum.
      • Pengguna bertanggung jawab terhadap keamanan Data Pribadi yang digunakan untuk mengoperasikan Layanan termasuk didalamnya password, kode OTP, atau kode keamanan (security code) lainnya untuk mencegah penyalahgunaan pihak lain.
      • Walaupun PaDi UMKM telah menggunakan upaya terbaiknya untuk menjaga dan melindungi Data Pribadi dan/atau Data Perusahaan Pengguna, perlu diketahui bahwa pengiriman data melalui internet tidak pernah sepenuhnya aman. Dengan demikian, PADI UMKM tidak dapat menjamin sepenuhnya keamanan Data Pribadi dan/atau Data Perusahaan Pengguna. Namun, dalam hal terjadi kegagalan terhadap perlindungan Data tersebut, PaDi UMKM akan memberitahukan secara tertulis kepada Pengguna sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    2. Privasi
    3. Data Pribadi dan/atau Data Perusahaan Pengguna akan digunakan hanya untuk keperluan penyelenggaraan Layanan PaDi UMKM dan tidak akan diserahkan, ditampilkan, diungkapkan kepada pihak ketiga tanpa persetujuan Pengguna, kecuali terdapat permintaan data dari Aparat Penegak Hukum atau Pejabat yang berwenang lainnya maupun karena diwajibkan dan/atau dimungkinkan oleh peraturan perundang-undangan.
  4. Penggunaan Data Pengguna
    PaDi UMKM berhak menggunakan data yang telah dikumpulkan sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya untuk kepentingan-kepentingan sebagai berikut:
    • Mengidentifikasi dan memverifikasi Pengguna saat melakukan pendaftaran;
    • Menghubungi Pengguna sewaktu-waktu jika diperlukan;
    • Mengelola transaksi, operasional, dan administrasi;
    • Melakukan evaluasi yang berkaitan dengan pengelolaan kategori produk, pengembangan fitur, dan pengembangan bisnis lainnya, seperti: e-procurement dan financing;
    • Menangani keluhan dan masalah transaksi, pembayaran, dan pengiriman barang;
    • Melakukan investigasi terkait perselisihan, penagihan, penipuan, dan kerusakan produk;
    • Keperluan iklan, promosi, sosialisasi atau tujuan komersil lainnya.
  5. Perubahan dan Pembaruan Data Pribadi
    1. Anda wajib untuk melakukan pemutakhiran Data Pribadi Anda, apabila terjadi perubahan atas Data Pribadi yang telah Anda serahkan kepada Kami. Kami membutuhkan Anda untuk melakukan pemutakhiran Data Pribadi untuk tujuan keamanan, relevansi Data Pribadi, dan pencegahan tindakan kriminal.
    2. Anda juga wajib dengan segera melakukan pemutakhiran Data Pribadi, apabila Kami meminta Anda untuk melakukan pemutakhiran Data Pribadi berdasarkan salah satu atau lebih hal-hal di bawah ini:
      • Temuan Kami atas perubahan terhadap Data Pribadi Anda yang telah Anda serahkan sebelumnya kepada Kami;
      • Temuan Kami atas indikasi ketidaksesuaian transaksi dengan profil Anda, atau peningkatan risiko yang signifikan atas hasil customer due diligence (“CDD”) Kami terhadap Anda selaku pengguna Layanan Kami; dan/atau
      • Temuan Kami atas indikasi adanya tindakan kriminal dan/atau pelanggaran hukum secara umum.
    3. Apabila Kami meminta Anda untuk melakukan pemutakhiran Data Pribadi Anda karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam huruf b di atas, maka Kami akan menginformasikan dan memberikan batas waktu untuk Anda melakukan pemutakhiran Data Pribadi tersebut.
    4. Apabila Anda gagal untuk melaksanakan pemutakhiran Data Pribadi Anda secara valid, benar, lengkap, dan jelas setelah berakhirnya batas waktu sebagaimana dimaksud pada huruf c, maka Kami berhak untuk melakukan penundaan dan/atau penghentian Layanan.
  6. Perbaikan dan Pembaruan Data Sandi
    Pengguna menyatakan bersedia dan menjamin untuk senantiasa memperbaharui Data Pribadi melalui situswww.padiumkm.id apabila ada perubahan data yang terkait dengan Pengguna.
  7. Penampilan, Pengumuman, Transfer, Penyebarluasan, atau Pengungkapan
    Dengan ini menjamin bahwa PaDi UMKM hanya akan menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, menyebarluaskan, dan/atau membuka akses Data Pribadi dan Data Perusahaan dalam sistem berdasarkan keadaan seperti berikut:
    • Atas Persetujuan Pengguna kecuali ditentukan lain oleh ketentuan perundang-undangan;
    • Telah dilakukan verifikasi keakuratan dan kesesuaian dengan tujuan perolehan dan pengumpulan data pribadi tersebut; dan
    • Untuk keperluan proses penegakan hukum, di mana penyelenggara sistem elektronik wajib memberikan data pribadi dan/atau data perusahaan yang terdapat dalam sistem elektronik atau data pribadi dan/atau data perusahaan yang dihasilkan oleh sistem elektronik atas permintaan yang sah dari aparat penegak hukum berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.
    • PaDi UMKM dapat mengungkapkan, dan/atau membagikan akses Data Pribadi Pengguna dengan:
      • Penasihat dan konsultan yang Kami tunjuk;
      • Anak Perusahaan dan/atau Perusahaan Asosiasi;
      • Mitra pemasok dan penyedia jasa Kami;
      • Mitra bisnis kami;
      • Pihak yang berwenang, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehubungan dengan pemberian jasa Layanan kepada Anda sesuai dengan tujuan pemrosesan sebagaimana yang telah kami sampaikan dalam Kebijakan Privasi ini, dalam hal-hal sebagai berikut:
        • Untuk Penerusan Dana atau Pengembalian Dana;
        • Untuk Pengajuan Pendanaan yang diajukan oleh Pengguna PaDi UMKM;
        • Untuk Kelengkapan Dokumen Elektronik Transaksi;
        • Untuk Pengiriman Barang sesuai dengan pengiriman yang dipilih oleh Pengguna;
        • Untuk pelaksanaan survei terkait pengembangan layanan PaDi UMKM;
        • Untuk keberlangsungan transaksi yang ada di PaDi UMKM.
  8. Cookies
    1. Cookies adalah file kecil yang disimpan secara otomatis di perangkat Anda (komputer, ponsel, tablet, atau perangkat lainnya) saat Anda menggunakan Layanan. Cookies memungkinkan PaDi UMKM untuk mengingat tindakan atau preferensi dan pengaturan Anda dari waktu ke waktu termasuk mengingat informasi yang Anda berikan saat menggunakan Layanan.
    2. Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses data lain yang dimiliki Pengguna, selain dari yang telah disetujui oleh Pengguna sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini. Adapun data yang terekam adalah sebagai berikut:
      • User id;
      • Token login;
      • Unique id;
      • Login session google SSO;
      • Service set identifier;
      • Hardware secure id;
      • Session id;
      • First login;
      • First open dashboard;
      • Side menu handler;
      • Modal visibility;
      • Wajib Pajak visibility;
      • Product id;
      • Hotjar tracking;
      • Invalid payment; dan
      • Cookies lainnya yg berkaitan dengan kebutuhan PaDi dalam melakukan analytics.
    3. Cookies ini sangat penting untuk menjalankan Layanan kami dan memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur-fiturnya. Tanpa cookies ini, Kami tidak dapat menyediakan Layanan yang Anda minta.
      • Cookies Esensial
      • Cookies ini sangat penting untuk menjalankan Layanan kami dan memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur-fiturnya. Tanpa cookies ini, Kami tidak dapat menyediakan Layanan yang Anda minta.

      • Cookies Fungsional
      • Cookies ini mengumpulkan informasi tentang bagaimana Anda menggunakan Situs atau Aplikasi kami, misalnya, halaman mana yang paling sering dikunjungi. Informasi ini digunakan untuk meningkatkan kinerja Layanan.

    4. Anda dapat mengelola atau menolak cookies melalui pengaturan browser Anda. Namun, perlu diketahui bahwa menonaktifkan cookies dapat memengaruhi fungsionalitas Layanan sesuai dengan kategorisasi cookies yang telah Kami sampaikan. Misalnya, Anda mungkin tidak dapat menggunakan fitur-fitur tertentu atau menyimpan preferensi Anda.
  9. Materi Pemasaran dan Promosi
    Sesuai tujuan yang telah Kami sampaikan melalui Kebijakan Privasi ini, Kami dapat menggunakan Data Pribadi Anda untuk mengirimkan materi pemasaran dan promosi terkait produk dan layanan kami. Anda dapat berhenti berlangganan dari komunikasi pemasaran ini kapan saja dengan cara menghubungi Customer Service PaDi UMKM melalui email cs@padiumkm.id atau melalui chat whatsapp (+62) 81290007820.
  10. Hak Pengguna
    Pengguna memiliki hak atas Data Pribadi dan/atau Data Perusahaan yang telah dijamin oleh peraturan perundang-undangan termasuk namun tidak terbatas pada hak untuk melakukan koreksi dan/atau hak untuk memohonkan penghapusan terhadap Data Pribadi dan/atau Data Perusahaan anda. Atas setiap penggunaan hak tersebut, Pengguna dapat mengajukan permohonan dengan mengirimkan email kepada PaDi UMKM pada cs@padiumkm.id.
    Untuk pengajuan hak atas Informasi Pribadi dapat kami lakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Pengguna wajib menyampaikan identitas lengkap, jenis hak, dan alasan dengan jelas; dan
    • PaDi UMKM berhak melakukan penolakan atas penggunaan hak yang Anda ajukan berdasarkan hasil verifikasi faktual yang kami lakukan dan/atau alasan lain yang dimungkinkan oleh Peraturan Perundangan-undangan di bidang Pelindungan Data Pribadi
  11. Penghapusan atau Pemusnahan
    Pemusnahan data pribadi dan/atau data perusahaan dalam PaDi UMKM hanya dapat dilakukan jika:
    • Data Pribadi dan/atau Data Perusahaan Pengguna yang berada di bawah kendali PaDi UMKM tidak lagi relevan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini;
    • Telah melewati ketentuan jangka waktu dalam penyimpanan data pribadi dan/atau data perusahaan dalam sistem elektronik berdasarkan peraturan perundang-undangan atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan lainnya yang secara khusus mengatur di masing-masing instansi pengawas dan pengatur sektor untuk itu;
    • Penyimpanan data yang dilakukan PaDi UMKM tanpa adanya permintaan penghapusan dari Pengguna adalah 5 Tahun, sesuai dengan peraturan perundang-undangan;atau
    • Pengguna mengajukan Permohonan Penghapusan Data Pribadi dan/atau Data Perusahaan apabila Penggguna tidak lagi menggunakan Layanan PaDi UMKM.
  12. Perubahan dan/atau Pembaruan Kebijakan Privasi
    1. Kami dapat meninjau dan mengubah Kebijakan Privasi ini atas kebijakan Kami sendiri untuk memastikan bahwa ketentuan-ketentuan dalam Pemberitahuan Privasi ini konsisten dengan perkembangan Kami di masa depan, dan/atau jika terdapat perubahan peraturan perundang-undangan dan/atau perintah dari Otoritas Berwenang untuk Kami mengubah ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini.
    2. Kami akan memberitahu Anda mengenai perubahan sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) di atas melalui pemberitahuan publik pada website dan/atau Aplikasi Kami, atau melalui pemberitahuan khusus ke alamat email Anda ataupun kontak Anda yang terdaftar pada sistem Kami.
    3. Anda setuju bahwa Anda bertanggung jawab sendiri untuk meninjau Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk mengetahui informasi terbaru mengenai Kebijakan Privasi ini melalui website dan/atau Aplikasi Kami dan/atau pada email dan/atau kontak Anda yang terdaftar pada sistem Kami. Mohon untuk secara berkala dan teratur mengunjungi website dan/atau Aplikasi Kami, dan menjaga email dan/atau kontak Anda selalu aktif dan benar dan mengecek email dan/atau kontak Anda secara teratur agar Anda dapat terinformasi mengenai Kebijakan Privasi Kami dari waktu ke waktu.
    4. Dengan Anda tetap:
      • Terdaftar sebagai Pengguna;
      • Menyerahkan Data Pribadi Anda kepada Kami atau menyetujui penyimpanan dan pemrosesan Data Pribadi yang Kami lakukan;
      • Melakukan transaksi dan/atau menyetujui pemrosesan transaksi yang Kami lakukan;
      • Mengunjungi dan/atau menggunakan seluruh atau sebagian fitur yang telah kami sediakan dalam Layanan; dan/atau
      • Melakukan komunikasi dengan Kami. Maka Anda telah menyetujui setiap perubahan dan/atau pembaruan yang Kami berlakukan.
    5. Anda wajib memastikan bahwa kontak Anda yang terdaftar dalam Layanan adalah benar dan selalu aktif untuk menghindari kegagalan dalam penyampaian pemberitahuan pembaruan Kebijakan Privasi ini.
  13. Pengakuan dan Persetujuan
    1. Anda menjamin bahwa segala data yang diberikan dalam bentuk apapun untuk menggunakan Layanan ini adalah benar milik Anda dan bukan diperoleh dari informasi pribadi milik pihak ketiga tanpa izin yang sah, sehingga segala hal yang timbul sehubungan dengan pemberian dan kebenaran data-data tersebut menjadi tanggungjawab penuh dari Anda.
    2. Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui semua ketentuannya. Secara khusus, Anda setuju dan memberikan izin kepada kami untuk melakukan Perolehan, Pengumpulan, Pengolahan, Penganalisisan, Penyimpanan, Perbaikan, Pembaruan, Penampilan, Pengumuman, Transfer, Penyebarluasan, Pengungkapan, dan Pemusnahan atau Penghapusan Data Pribadi Anda sesuai dengan ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini.
    3. Jika Anda berada di bawah persyaratan usia minimum atau termasuk dalam kategori anak-anak dan/atau penyandang disabilitas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka Anda wajib memastikan telah mendapatkan persetujuan dari orang tua (ayah atau ibu) atau wali Anda sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  14. Penutup
    Kebijakan ini mulai berlaku pada saat ditetapkan oleh PaDi UMKM pada tanggal 31 Juli 2024.
Informasi
FAQ (Tanya Jawab)
Penjual
Panduan Penjual
Marketplace
Control Tower
Hubungi Kami
Gedung Telkom Divisi Digital Business & Technology
Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan, Jakarta 12810, Indonesia
Senin - Jumat
08:00 - 17:00 WIB
Facebook icon
Twitter icon
Instagram icon
Youtube icon
Layanan Pengaduan Konsumen
PaDi UMKM
cs@padiumkm.id
Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI
Whatsapp icon
+62 853 1111 1010
contact.us@kemendag.go.id
Metode Pembayaran
Mandiri Virtual Account
BNI Virtual Account
Bank Syariah Indonesia Virtual Account
BRI Virtual Account
BTN
BCA Virtual Account
BJB Virtual Account
POS Virtual Account Billing FIX
Pembayaran QR
DANA
Link Aja WCO
OVO
Credit Card
KKI
©2022-2025 Pasar Digital UMKM Indonesia